Jumat, 03 Juni 2011

KeArIfAn LoKaL “TOLOTAN?”

Tolotan apaan tuh??????
Pertama kali saya mendengar kata tersebut pada pembekalan Kuliah Kerja Nyata di Kampus. Awalnya sih penasaran banget katanya ada suatu komunitas di kabupaten Sidrap Provinsi Sulawesi Selatan yang beragama tolotan. Padahal setahu saya agama hanya Islam, kristen, hindu, Budha yang diakui di Indonesia.
Rasa penasaran saya terjawab ketika saya ditempatkan didaerah tersebut untuk KKN sebagai wujud pengabdian kepada Masyarakat.

Setelah sampai dilokasi KKN pada Tanggal 25 Juni 2008 terjawablah rasa penasaran ini.
Tolotan bagi masyarakat disana dikategorikan dalam agama Hindu. Namun tata cara beribadah mereka berbeda, disana masih ada penggolongan tingkatan masyarakat yang disebut “Kasta”, namun cara penguburan masyarakat disana tidak dibakar namun ditanam seperti tatacara penguburan islam, disana tidak ada wihara namun yang ada tempat-tempat yang dikeramatkan. Mereka selalu membawa sesajen sebagai wujud sujud mereka kepada tempat keramat tersebut.

Cara berpakaian mereka bagi laki-laki diwajibkan mengenakan kopiah dan sarung jika ada acara adat, dan bagi perempuan untuk mengenakan kebaya dan sarung.
Tempat tersebut benama KANYUARA DAN AMPARITA bagi teman-teman yang ingin lebih mengetahui daerah ini atau meneliti adat disana, silahkan hub saya via email.

Sumber : http://vinech.wordpress.com/2008/09/02/kearifan-lokal-tolotan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agama Tidak Membuat Orang Jadi Baik

Tidak ada satu Agama pun di dunia, yang bisa membuat orang jadi baik. Yang ada; Orang baik dan mempunyai niat yang baik, menggunakan Agama apa pun, untuk tujuan kebaikan. Pasti dia akan jadi baik. Jadi pilihlah Agama yang sesuai dengan Logika, Hati Nurani, dan Kebudayaannya.